Uncategorized

5 Penyebab Makanan Tidak Tercerna Muncul dalam Tinja

7 Penyebab Makanan Tidak Tercerna Muncul dalam Tinja

vippelangilounge – 5 Penyebab Makanan Tidak Tercerna Muncul dalam Tinja Normalnya, tinja berwarna kecokelatan dengan tekstur lembut karena makanan yang kamu makan sudah dicerna. Namun, kadang kamu mungkin melihat potongan makanan muncul di tinja. Ini lebih sering terjadi pada makanan nabati berserat tinggi, karena tubuh tidak sepenuhnya mampu memecah makanan berserat tinggi atau makanan dengan cangkang keras.

Makanan yang tidak tercerna dalam tinja sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, kecuali jika disertai diare yang berlangsung lama, penurunan berat badan, atau perubahan lain dalam pola buang air besar. Sebab, jika disertai dengan gejala-gejala tersebut, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada organ pencernaan.

1. Makan terlalu cepat

7 Penyebab Makanan Tidak Tercerna Muncul dalam Tinja

Penyebab umum dari makanan yang tidak tercerna di tinja adalah makan terlalu cepat. Saat kamu makan terlalu cepat dan menelan makanannya tanpa mengunyahnya sepenuhnya, makanan lebih mungkin melewati saluran pencernaan tanpa benar-benar di pecah.

Makan terlalu cepat dapat memaksa proses pencernaan berlangsung terlalu cepat yang menyebabkan lebih banyak makanan tidak sepenuhnya di pecah. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu mengunyah makanan perlahan hingga lembut.

2. Makanan tertentu tidak dipecah dengan benar

Bakteri dalam tubuh bertugas memecah makanan dengan baik. Namun, terkadang makanan yang mengandung serat tinggi sangat sulit untuk dicerna.

Jagung, wortel, sereal, biji-bijian, dan kacang-kacangan adalah beberapa jenis makanan yang sulit dicerna. Sedihnya lagi, karena makanan ini tidak dicerna dengan baik, jadi nutrisinya juga tidak terserap maksimal.

3. Makanan memiliki cangkang luar yang keras

7 Penyebab Makanan Tidak Tercerna Muncul dalam Tinja

Beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kulit luar yang keras sehingga menyulitkan tubuh mengakses lemak yang tersimpan di dalamnya.

Begitu pula dengan jagung, meskipun tidak memiliki cangkang yang keras, tetapi setiap biji jagung tertutupi oleh selubung luar yang terdiri dari selulosa, yang tidak dapat di pecah oleh enzim manusia. 

4. Penyakit Crohn

Penyakit Crohn merupakan jenis penyakit radang usus yang menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan. Terkadang, ini menyebabkan makanan yang tidak tercerna muncul di tinja.

Gejala penyakit Crohn meliputi:

  • Diare parah.
  • Mual.
  • Sakit perut dan kram.
  • Penurunan berat badan dan nafsu makan.
  • Anemia.
  • Kelelahan.
  • Demam.
  • Mata merah atau sakit.
  • Nyeri sendi.
  • Benjolan lembut di bawah kulit.

5. Proses pencernaan terlalu cepat

7 Penyebab Makanan Tidak Tercerna Muncul dalam Tinja

Normalnya, perlu waktu 24 hingga 72 jam bagi makanan untuk melewati saluran pencernaan. Jika tubuh kamu memiliki tingkat motilitas yang tinggi, mungkin partikel makanan yang belum sempat di pecah sepenuhnya akan keluar saat buang air besar.

Tingkat motilitas ini di pengaruhi oleh kesehatan otot-otot kolon serta komposisi makanan. Saluran pencernaan terbagi menjadi empat bagian yang berbeda: kerongkongan, lambung, usus kecil, dan usus besar. Setiap organ ini memiliki peran yang unik dalam pencernaan dan motilitas yang dapat bervariasi.

SUMBER BERITA VIP PELANGI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *