Uncategorized

3 Pemain Termuda Belgia yang Melakoni Debut di Euro

3 Pemain Termuda Belgia yang Melakoni Debut di Euro

3 Pemain Termuda Belgia yang Melakoni Debut di Euro Belgia beberapa kali melahirkan talenta sepak bola berbakat. Kemampuan mereka berhasil menarik perhatian pelatih Timnas Belgia sehingga namanya masuk skuad untuk berlaga di Euro. Kiprah para talenta muda Belgia itu pun cukup beragam saat tampil di turnamen antarnegara Eropa untuk pertama kalinya. Inilah tiga pemain termuda Belgia yang sukses melakoni debut di Euro itu.

1. Enzo Scifo menjadi yang termuda tampil di Euro 1984 saat usianya 18 tahun 115 hari

3 Pemain Termuda Belgia yang Melakoni Debut di EuroEnzo Scifo (rbfalegendsclub.be)

Enzo Scifo pernah menjadi salah satu talenta muda yang cukup hangat di perbincangkan saat debut di skuad utama Anderlecht pada 1983/1984. Ia mampu mencatat 33 penampian dengan mencetak 6 gol di semua kompetisi. Pelatih Timnas Belgia kala itu, Guy Thys, memanggilnya untuk tampil di Euro 1984.

Scifo kemudian melakoni debutnya di Euro sebagai start dalam laga Belgia versus Yugoslavia pada fase grup. Ia berhasil menyumbang satu assist untuk gol kedua Belgia yang dicetak Georges Grun. Scifo mengawali kiprahnya di Euro bersama Belgia dengan kemenangan 2-0 atas Yugoslavia. Usianya saat itu baru memasuki 18 tahun 115 hari. Sayangnya, Belgia gagal lolos dari fase grup setelah menelan dua kekalahan dalam laga berikutnya melawan Prancis dan Denmark.

2. Jeremy Doku tampil di Euro untuk pertama kalinya ketika berusia 19 tahun 25 hari

3 Pemain Termuda Belgia yang Melakoni Debut di EuroJeremy Doku (instagram.com/jeremydoku) Lanjutkan membaca artikel di bawah

Jeremy Doku sukses mencuri perhatian publik sepak bola kala tampil fantastis bersama Stade Rennais pada 2020/2021. Kemampuannya sebagaiĀ winger dengan kecepatan lari luar biasa membuat pelatih Timnas Belgia memasukkannya ke dalam skuad Euro 2020. Doku kemudian tampil untuk pertama kalinya saat Belgia menang 2-0 atas Finlandia pada laga ketiga babak grup.

Usia sang pemain saat itu baru mencapai 19 tahun 25 hari. Doku kemudian menorehkan penampilan keduanya ketika menghadapi Italia pada perempat final Euro 2020. Sayangnya, Belgia kalah 1-2 dalam pertandingan tersebut. Doku kini kembali menjadi andalan Belgia saat berlaga di Euro 2024. Namun, ia gagal menampilkan permainan terbaiknya setelah Belgia dikalahkan Slovakia dengan skor 0-1 pada pertandingan pertama fase grup.

3. Zeno Debast menjalani laga perdananya di Euro saat usianya 20 tahun 237 hari

3 Pemain Termuda Belgia yang Melakoni Debut di EuroZeno Debast (instagram.com/zenodebast)

Zeno Debast merupakan salah satu bek berbakat jebolan akademi Anderlecht. Ia disebut-sebut memiliki prospek cerah setelah menampilkan performa fantastis pada 2023/2024. Debast total menorehkan 40 penampilan di semua kompetisi untuk Anderlecht.

Ia kemudian mendapat panggilan dari pelatih Timnas Belgia, Domenico Tedesco, untuk masuk dalam skuad Euro 2024. Debast kemudian menjalani debut di Euro sebagai starter dan bermain penuh selama 90 menit. Ia kala itu berusia 20 tahun 237 hari. Sayangnya, debut Debas di Euro berakhir dengan kekalahan Belgia 0-1 atas Slovakia pada babak grup.

Ketiga pemain di atas memiliki cerita yang berbeda-beda saat menjalani pertandingan perdananya di Euro. Scifo mampu berkontribusi kepada kemenangan Belgia 2-0 melawan Yugoslavia dengan memberikan satu assist. Doku tidak mencetak gol atauĀ assist saat debut di Euro ketika Belgia menang 2-0 atas Finlandia. Sementara itu, Debast gagal menjaga wilayah pertahanan Belgia dengan baik dalam kekalahan 0-1 kontra Finlandia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *